Panduan Belajar dasar cara mengukur tegangan pada Handphone 100% Sukses

Panduan Belajar dasar cara mengukur tegangan pada Handphone 100% Sukses - Hallo sahabat Firmware updates, Pada kali ini saya akan sharing Panduan Belajar dasar cara mengukur tegangan pada Handphone , saya telah menyediakan Firmware handphone lengkap dan telah kami Uji . mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, semoga cepat Cair....amin .

Sebagai contoh, pengukuran yang saya jelaskan disini kita akan mengukur tegangan lcd nokia 1200, biar jadul tapi intinya semua ponsel memiliki sistem kerja sama dan disini saya anggap sobat sudah memahami bagaimana cara membaca diagram schematic.

Dibawah ini sobat bisa lihat skema diagram lcd nokia 1200, download skema disini.






Dari potongan gambar skema diagram diatas, kita tahu agar lcd bisa bekerja maka dia membutuhkan dua tegangan yaitu tegangan vio dan tegangan vflash adapun letak pengukurannya vio dapat diukur di c2403 sedangkan vflash dapat diukur di c2402.

Yang perlu sobat perhatikan bahwa kedua kondensator tersebut terpasang secara paralel jadi sobat mesti menentukan dulu mana kaki  plus (+) &  minusnya (-)/ground.

Caranya siapkan multitester atur skala pada skala OHM x1, lalu letakkan jarum hitam dan tempelkan ke ground (-) di sekitar ponsel (seng pada ponsel merupakan ground), sedangkan jarum merah letakan (+) plus pada salah satu kaki c2403.
Sobat lihat gambar dibawah ini, jarum merah (+) kita tempelkan pada kaki atas ternyata jarum multitester bergerak penuh ini menandakan bahwa itu merupakan jalur ground, jadi jika jalur bawah ground (-) maka yang satu pasti jalur plus (+).



Sekarang kita cari kaki plus (-) pada c c2402, bisa sobat lihat gambar diatas pada bagian kanan, saat jarum merak diletakan pada kaki c2402 yang atas jalur tak bergerak penuh dimana jarum berhenti di angka 5 OHM. Berarti ini menandakan bahwa itu jalur plus (-) dan bawahnya pasti jalur minus (-) ground.

Oke sekarang kita sudah tahu mana plus (-) dan ground(-) pada kondensator tersebut.

Sekarang ambil ponsel, buka casing lalu cari letak komponen pada gambar diatas lalu beri arus pada ponsel dengan power supply, lalu hidupkan ponsel kemudian ukur tegangan vio dikomponen c2403 pada kaku plus (+), caranya gunakan multi tester atur skala pada dc volt lalu letakkan colokan merah ke plus (+), masing-masing kedua kaki komponen diatas dan colokkan hitam temple pada ground(-) ponsel, seperti gambar dibawah ini.

Jika ketika dalam pengukuran seperti diatas jarum bergerak ke angka misal 1, berarti tegangan ada namun jika jarum tak bergerak berarti tegangan tidak ada.

Note : Terkadang saat mengukur tegangan, saat jarum hitam kita tempelkan ke ground(-) jarum multitester bergerak abaikan ini sebab saat kita colokan hitam kita tempelkan ke kaki komponen plus(+) maka akan bergerak menuju angka tertentu. Inilah tegangan sebenarnya.